A ANALISIS SENTIMEN TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP TIKTOK SHOP DAN SHOPEE DI TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES DAN KNN (K-NEAREST NEIGHBOR)

Indonesia

Penulis

  • Sevira Chairunnisa Nandaresta Universitas Nusa Putra
  • Cecep Warman Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Tiktok Shop, Shopee, Naïve Bayes Classifier, K-Nearest Neighbor (KNN), Rapid Miner, Twitter

Abstrak

Pada era zaman ini sebagian besar pengguna internet sudah mengunjungi toko online atau market place. Shopee dan

Tiktok Shop salah satu dari market place yang sering dikunjungi oleh pengguna internet di Indonesia. Tentunya dari

setiap aplikasi memiliki komentar positif dan negatif dari penggunanya, komentar tersebut sangat berpengaruh pada

kepuasan pelanggan yang menjadi tolak ukur kualitas pelayanan dari kedua aplikasi tersebut. Untuk itu dalam

penelitian ini akan dilakukan analisis sentimen terhadap market place Tiktok Shop dan Shopee di Twitter. Salah satu

tempat pengguna internet mengungkapkan opini tersebut yaitu pada aplikasi Twitter. Karena banyaknya komentar

dan topik yang populer di Twitter tentang layanan Marketplace tersebut, pelanggan dapat menilai situs web

Marketplace mana yang memiliki layanan terbaik. Penelitian ini menggunakan dua algoritma, yaitu algoritma Naive

Bayes Classifier dan KNN (K-Nearest Neighbor), untuk menentukan market place mana yang memiliki nilai akurasi

terbaik dan membandingkan berapa persen nilai positif dan negative dari komentar yang telah diambil. Kemudian,

hasil dari kedua algoritma dibandingkan untuk menentukan classifier mana yang memberikan hasil terbaik dalam hal

akurasi, ketepatan, dan recall. Sebanyak 800 data ulasan komentar berhasil dikumpulkan melalui penggunaan alat

web scraping Rapid Miner. Hasil yang didapatkan yaitu nilai akurasi algoritma Naïve Bayes pada aplikasi Shopee

yaitu 99.06% dan pada fitur shopping Tiktok Shop yaitu 92.94%, sedangkan hasil implementasi algoritma K-Nearest

Neighbor pada Shopee fitur shopping Tiktok Shop yaitu 83,29% dan pada Tiktok Shop yaitu 83, 76%. Hasil

klasifikasi menunjukan sentimen positif lebih mendominasi dari sentimen negatif pada Tiktok Shop, terdapat 81,50%

ulasan Positif dan 18,50% ulasan Negatif. Begitupun dengan Shopee terdapat 81,25% ulasan Positif dan 18,75%

ulasan Negatif.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-25