Kepuasan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas XYZ terhadap Layanan SIAKAD

Authors

  • Fatwa Adib Soetedjo Universitas Nusa Putra
  • Dudih Gustian Universitas Nusa Putra

Keywords:

Service satisfaction, SERVQUAL, Academic Information System

Abstract

ABSTRAK

SIAKAD merupakan Sistem Informasi Akademik yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan terkait akademik suatu lembaga pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi, SIAKAD juga mulai banyak digunakan oleh berbagai institusi pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah ServQual. Dari permasalahan yang telah disebutkan, kualitas pelayanan merupakan hal yang sangat dominan terjadi dalam suatu sistem informasi. Semakin baik sistem maka kualitas pelayanan akan semakin baik, sehingga pengguna dapat menggunakan sistem dengan mudah dan nyaman. Pengumpulan data diperoleh dari kuesioner online dan studi literatur. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Sistem Informasi angkatan 2020, 2021 dan 2022 di Universitas XYZ. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang positif dengan nilai gap variabel sebesar 0,03 untuk fasilitas yang digunakan, informasi dan data yang disediakan, keamanan sistem, dan kualitas layanan sistem.

Published

2024-01-25