Implementasi Algoritma K Means Untuk Sentimen Analisis Review Produk Pada E-Commerce Lazada

Authors

  • Dinda Rusyanti Universitas Nusa Putra
  • Falentino Sembiring Universitas Nusa Putra

Keywords:

e-commerce, lazada

Abstract

E-commerce menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan hidup di masa pandemi ini. Lazada merupakan salah satu E-Commerce di Indonesia yang sudah memiliki banyak pengguna. Dengan adanya E-Commerce seperti Lazada memudahkan konsumen untuk membeli barang tanpa harus pergi ke toko atau marketplace. Dengan disampaikannya review konsumen, mereka dapat memberikan keluhan atau tanggapan terhadap produk yang telah mereka beli di Lazada. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis sentimen terhadap review Lazada dengan 4899 data acak yang diambil pada tahun 2019. Penelitian yang memanfaatkan algoritma k-means pada tools orange ini menghasilkan nilai akurasi diatas 80% dengan kata lain bahwa algoritma k-means mampu memberikan performa baik terhadap analisis sentimen pada penelitian ini.

 

Kata Kunci:e-commerce,ulasan, penelitian

Published

2022-09-03