Analisis Penggunaan Whatsapp Sebagai Efektivitas E-Learning Terhadap Pemahaman Siswa SD Negeri Cisarua Dengan Metode Tam

-

Authors

  • Rizwan Nurfalah Universitas Nusa Putra
  • Arny Lattu

Keywords:

Cisarua State Elementary School, Whatsapp, Technology Acceptance Model

Abstract

Metode Technology Acceptance Model (TAM) bermaksud untuk mengukur tingkat kepuasan terhadap siswa-siswi SD Negeri Cisarua dalam pembelajaran secara online dengan bantuan Whatsapp. Hingga saat ini Corona Virus Diseases-19 atau sering disebut dengan nama covid-19 masih menjadi penyebab terjadinya pembelajaran secara online dari rumah untuk menjaga agar tidak terjadi penyebaran virus tersebut di sekolah. Salah satu yang telrkelna dampak dari pelmbellajaran selcara online adalah SD Negeri Cisarua. Berdasarkan wawancara yang telah saya lakukan dengan salah satu guru di SD Negeri Cisarua menyatakan proses pembelajaran secara online dengan bantuan Whatsapp yang dipakai sebagai media pembelajaran secara online. Proses pembelajaran secara online dengan bantuan Whatsapp ini dilakukan mengingat para siswa harus belajar dari rumah. Dengan bantuan Whatsapp proses pembelajaran dilakukan meliputi penerimaan tugas dari guru, pengiriman tugas dan penerimaan materi untuk pembelajaran. Akan tetapi proses kegiatan mengajar secara online di temukan beberapa masalah antara lain : (1) kurangnya pemahaman terhadap materi; (2) keterbatasan sumber daya yaitu handphone; (3) terhambat akan adanya sumber daya internet. Berdasarkan permasalahan yang ditemukan maka peneliti tertarik untuk membahas tentang efektivitas Whatsapp sebagai elearning dalam media pembelajaran online dengan metode Technology Acceptance Model. Data yang digunakan pada penelitian ini peneliti melakukan pengujian kuesioner likert terhadap siswa-siswi di SD Negeri Cisarua untuk memperoleh data sebagai dasar penelitian.

Keyword : SD Negeri Cisarua, Whatsapp, dan Technology Acceptance Model






Published

2022-09-03