Analisis Sentimen Terhadap Cabang Olahraga Esport Pada Sea Games 2021 Menggunakan Naïve Bayes Classifier

Authors

  • Rita Ajeng Lestari Universitas Nusa Putra
  • Adhitia Erfina Universitas Nusa Putra

Keywords:

eSport, Sea Games, Sentiment Analysis, Naive Bayes Classifier

Abstract

eSport merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak menarik minat para remaja. Pertandingan-pertandingan eSport banyak dijumpai diberbagai acara salah satunya pada SEA Games. Sejak tahun 2018 eSport telah masuk sebagai cabang olahraga pada SEA Games. Begitu pula pada tahun ini eSport dipertandingkan kembali. Sebelumnya game banyak mendapatkan stigma negatif dari masyarakat karena dianggap memiliki banyak dampak buruk. Namun seiring dengan diangkatnya eSport pada SEA Games hai ini cukup menyita perhatiaan masyarakat. Tentunya dengan adanya eSport juga menjadi peluang untuk individu menorehkan nama dalam kejuaraan dan membawa kemenangan untuk negara. Maka dari itu, peneliti bertujuan untuk menganalisa sentimen terhadap cabang olahraga esport setelah dipertandingkan pada SEA Games 2021. Games tersebut diantaranya yaitu Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, dan Free Fire. Data yang digunakan merupakan data komentar media sosial facebook sebanyak 200 komentar dari masing-masing game. Untuk pemrosesan data digunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier. Pada penelitian sebelumnya algoritma Naïve Bayes terbukti dapat menganalisa sentimen pada jumlah data yang sedikit guna klasifikasi serta memiliki tingkat acuracy yang cukup tinggi, sehingga menjadi latar belakang penelitian menggunakan algoritma tersebut. PUBG Mobile mendapatkan nilai accuracy sebesar 82,50% dengan sentimen positif sebanyak 181, kemudian Free Fire sebesar 72,50% dengan sentimen positif sebanyak 174, dan Mobile Legends: Bang Bang sebesar 60,00% dengan sentimen positif sebanyak 126. Meskipun Mobile Legends: Bang Bang mendapatkan nilai accuracy yang paling rendah namun sentimen positif yang didapatkan Mobile Legends: Bang Bang lebih besar dari pada sentimen negatif.

 

Kata Kunci: eSport, SEA Games, Analisa Sentimen, Naïve Bayes Classifier

Published

2022-09-03