Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Indosat Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Authors

  • Pipin Adelina Universitas Nusa Putra
  • Cecep Warman Universitas Nusa Putra

Abstract

Komunikasi adalah interaksi manusia dan transfer informasi untuk harmoni dan pemahaman sosial[1]. Kemudahan dalam berkomunikasi antar manusia dan aksesibilitas informasi yang lebih cepat terpenuhi dengan hadirnya internet. Penyediaan layanan komunikasi seluler atau nirkabel sekarang disertakan Persaingan cukup ketat karena tekanan persaingan yang kuat menghasilkan laba yang cukup bagi perusahaan dalam pemeliharaan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis.Banyak perusahaan yang didirikan, sehingga persaingan sangat ketat Pemasaran produk akan terus dilanjutkan. Perusahaan dengan perusahaan lain yang lain mencoba bersama untuk menarik pembeli sebanyak mungkin.

 Di Indonesia, terdapat beberapa jasa akses internet, salah satunya seperti PT. Indosat, Model End User Computing Satisfaction (EUCS) menganalisis kepuasan pengguna di sektor TI India, dengan fokus pada kualitas, keandalan, dan kepuasan pengguna. Temuan menunjukkan bahwa variabel-variabel ini secara signifikan mempengaruhi pengalaman pengguna aplikasi. Indosat menawarkan akses informasi yang cepat, andal, dan nyaman melalui berbagai jenis paket internet.

Maka dari itu penelitian bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelanggan indosat yang berjudul “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Indosat Menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS)”. Analisis ini Menggunakan model EUCS, menganalisis faktor-faktor seperti kualitas, biaya, dan pengalaman pengguna.Temuan menunjukkan bahwa variabel yang paling signifikan adalah kualitas, keandalan, keandalan, dan kepuasan pengguna, yang secara signifikan berdampak pada pengalaman pengguna aplikasi.

 

Kata kunci : kepuasan, layanan, dan EUCS.

 

 

 

Published

2024-01-25