Analisis Sentimen Masyarakat di Instagram Mengenai Kereta Cepat Jakarta - Bandung Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier

Authors

  • Dea Novira Universitas Nusa Putra
  • Arny Lattu Universitas Nusa Putra

Abstract

Kereta cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi pada tanggal 18 Agustus 2023 setelah menunggu 7 tahun pengerjaannya. Kereta cepat adalah kereta yang dibangun atas kerja sama indonesia dengan cina. Kereta cepat ini merupakan kereta yang canggih dengan fasilitas yang dijanjikan. Kereta ini beroperasi hanya dari Jakarta-Bandung saja. Keberadaan kereta cepat ini pastinya sangat dinanti-nanti oleh masyakarat indonesia karena akan memudahkan mobilisasi masyakarat yang akan bepergian dengan rute Jakarta-Bandung. Namun ada juga yang kontra dikarenakan hutang negara jadi bertambah dan menumpuk. Mengingat bahwa biaya total proyek yang berlangsung sejak 2016 kini mencapai 7,27 miliar dollar AS atau setara RP 108,02 triliun dan biaya membengkak menjadi 1,2 miliar atau setara RP 18,02 triliun. Masyarakat menilai bahwa anggaran ini tidak sebanding dengan rute yang pendek dan pembangunan terbilang lama sehingga membengkaknya anggaran.

            Oleh karena itu peneliti tertarik menganalisis Pro kontra maryarakat mengenai Kereta Cepat Jakarta-Bandung terutama dimedia sosial Instagram yaitu dengan menggunakan Algoritma Naïve Bayes.

            Dari Analisis yang sudah dilakukan dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier dan Tools Orange 3.35.0 tanggapan positif lebih unggul dari pada negatif dengan tingkat akurasi yang cukup Tinggi yaitu 92% dan performansi yang cukup baik yaitu Precision 87% dan Recall 86% dengan rasio percobaan 80:20 data training data data testing.

 

Kata Kunci : Naïve Bayes Classifier, Kereta Cepat, Analisis Sentimen

Published

2024-01-25