Analisis Sentimen Penggunaan Aplikasi Transportasi Online pada Ulasan Google Play Store menggunakan Algoritma SVM (Support Vector Machine)

Authors

  • Dicki Nugraha Universitas Nusa Putra
  • Dudih Gustian Universitas Nusa Putra

Abstract

ABSTRAK

Transportasi umum merupakan kebutuhan dari sebagian masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Di era digital saat ini transportasi umum sudah bisa di akses secara online menggunakan smartphone melalui aplikasi yang tersedia di google play store, contoh nya aplikasi transportasi online yang sedang populer yaitu Grab, Gojek, dan Maxim. Layanan transportasi online telah mendisrupsi industri transportasi tradisional dan memberikan alternatif yang lebih nyaman dan efisien bagi masyarakat. Namun, seperti halnya dengan inovasi apa pun, layanan transportasi online juga telah menghadapi beberapa tantangan terkait regulasi, keamanan, dan dampaknya pada sektor transportasi secara keseluruhan. Semenjak adanya fitur-fitur baru pada aplikasi tersebut seperti layanan food&shop, aplikasi transportasi online mengalami lonjakan unduhan. Pengguna sering membaca ulasan dan mememeriksa peringkat sebelum mengunduh aplikasi di Google Play Store. Membentuk judul software terbaik kurang penting karena memiliki download dan rating yang hampir sama. Analisis sentimen terhadap sejumlah aplikasi transportasi online di Google Play Store dilakukan untuk menentukan mana yang memiliki predikat paling besar. Analisis review pengguna ini menggunakan Support Vector Machine (SVM) yang dalam beberapa penelitian diketahui memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi karena kemampuannya dalam mengidentifikasi aplikasi transportasi online terbaik berdasarkan review dari komentar di mesin pencari Google.

Kata kunci : Analisis Sentimen, Google Play Store, Support Vector Machine (SVM), Transportasi Online.

Published

2024-01-25