Sentimen Analisis Pengguna Twitter Indonesia terhadap Piala Dunia 2022 menggunakan Metode Naive Bayes Classifier

Authors

  • Siska Tetra Oktaviani Universitas Nusa Putra
  • Sihabudin Universitas Nusa Putra
  • Habi Baturohmah Universitas Nusa Putra

Abstract

ABSTRAK

Piala Dunia 2022 merupakan salah satu peristiwa olahraga global yang paling dinanti-nantikan di dunia, termasuk di Indonesia, yang memiliki basis penggemar sepakbola yang besar. Piala Dunia diadakan di Qatar dengan format turnamen diikuti oleh 32 tim yang bersaing gelar juara. Dalam era digital, Twitter telah menjadi platform yang sangat populer untuk berbagi pendapat, berita, dan emosi tentang acara-acara olahraga besar seperti Piala Dunia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  sentimen masyarakat pengguna twitter mengenai Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar menggunakan metode Naïve Bayes dengan alat bantu Rapidminer. Metode Naïve Bayes adalah salah satu teknik klasifikasi yang sering digunakan dalam analisis sentimen. Metode ini didasarkan pada teorema Bayes yang menggunakan probabilitas untuk menentukan kelas dari sebuah data. Dalam konteks analisis sentimen, klasifikasi Naïve Bayes akan mengidentifikasi apakah sebuah tweet memiliki sentimen positif, negatif, atau netral terkait Piala Dunia 2022. Data diperoleh dari komentar twitter dengan hastag #pialadunia2022. Analsisi sentiment 7.33%, dengan 770 sentimen positif, menunjukan bahwa peminat sepak bola lebih dominan diantara pengguna Twitter Indonesia. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang bagaimana perasaan dan pandangan pengguna Twitter Indonesia terhadap Piala Dunia 2022. Informasi ini dapat berguna bagi para pembuat kebijakan, perusahaan, dan masyarakat umum untuk memahami persepsi dan respons sosial terhadap acara olahraga global seperti Piala Dunia. 

Kata kunci: Naïve Bayes, Piala Dunia, Sentimen Analisis

Published

2024-01-25