Sentimen Analisis terhadap Pengguna Aplikasi Twitter pada Google Play Store menggunakan Metode Naive Bayes

Authors

  • Trisyani Indah Suari Universitas Nusa Putra
  • Dudih Gustian Universitas Nusa Putra

Abstract

ABSTRAK

Semua orang di zaman sekarang harus bergerak cepat, praktis, dan tepat. Semua aspek kehidupan dipengaruhi oleh pertumbuhan pesat data digital. Tanpa harus menunggu lebih lama dengan digital, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan dan menerima data dengan cepat dan tepat. Twitter adalah salah satu situs media sosial paling populer di Indonesia. Laporan We Are Social 2022 menunjukkan bahwa sekitar 18,45 juta orang Indonesia menggunakan Twitter, menempati peringkat kelima terbesar di dunia. Saat ini, bagaimanapun, banyak orang yang berkomentar di Twitter tentang hal-hal yang tidak berfungsi, seperti fitur yang tidak berfungsi. Ini Menghasilkan banyak komentar negatif di media sosial Twitter pada aplikasi Google Play Store. Dengan Menggunakan metode Naïve Bayes dan alat minering cepat, penelitian ini berfokus pada respons negatif pengguna media sosial Twitter terhadap aplikasi. Studi ini menemukan persentase akurasi sebesar 95,33%dari 200 data sentimen negatif pengguna terkait media sosial Twitter yang diambil dari aplikasi Google Play Store. 

 

Kata Kunci: Aplikasi, Naive Bayes, Sentimen Analisis, Sosial media, Twitter

Published

2024-01-25