Analisis Perancangan Framework Zachman pada Arsitektur Sistem Informasi Tes Psikologi Online di Biro Psikologi Quantum Sukabumi

Authors

  • Bayu Andrea Pramayuda Universitas Nusa Putra
  • Sudin Saepudin Universitas Nusa Putra

Abstract

ABSTRAK 

    Tes Psikologi di Biro Psikologi Quantum Sukabumi, ujian masih dilakukan secara konvensional. Proses ujian dilakukan dengan membagikan soal yang telah di cetak pada selembaran kertas, kemudian menjawab dengan bersama dalam waktu 11 menit. Dengan sistem ujian yang seperti ini sering kali mempunyai kendala, seperti lambatnya proses pembuatan soal, kesalahan dalam menilai hasil ujian, lambatnya pembuatan laporan hasil ujian. Pemborosan biaya kertas dan tinta dalam pembuatan soal dan penggandaan soal juga salah satu masalah.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan merancang sebuah sistem yang sudah terkomputerisasi yaitu perancangan sistem ujian online berbasis web. Dengan sistem ujian online ini pun mempermudah petugas untuk membuat soal, menghemat biaya dan waktu dalam proses penilaian dan membuat laporan dengan mudah. Serta menghemat biaya dalam pembuatan soal dan penggandaan soal ujian. Untuk dapat merancang sistem, diperlukan sebuah model architecture enterprise sistem informasi ujian online agar dapat meminimalisir kegagalan ketika menerapkan sistem tersebut sekaligus dapat berjalan sesuai kebutuhan.

Pada penelitian ini memiliki tujuan yaitu dapat membantu perubahan dari proses manual menjadi teknologi. Serta hasil rencana yang diberikan berupa rancangan Enterprise Architecture Sistem Informasi dengan model Zachman Framework yang nantinya dapat diimplementasikan dalam pembuatan sistem yang akan digunakan oleh Biro Psikologi Quantum untuk keberlangsungan pelaksanaan kegiatan tes tersebut.

 

Kata Kunci: Ujian Online, Sistem Informasi, Zachman Framework.

Published

2024-01-25