Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi BUKALAPAK untuk Meningkatkan Daya Saing menggunakan Metode Naive Bayes dan Analisis SWOT

Authors

  • Lusi Universitas Nusa Putra
  • Habi Baturohmah Universitas Nusa Putra

Abstract

ABSTRAK

E-commerce mengalami peningkatan yang pesat di Indonesia, perilaku konsumtif masyarakat menjadi salaj satu  penyebab platform belanja online diindonesia mengalami perkembangan, Bukalapak merupakan contoh platform bisnis online popular di indonesia. akan tetapi bukalapak bukanlah marketplace satu satunya yang ada di Indonesia, untuk dapat bertahan ditengah persaingan yang ketat, bukalapak harus meningkatkan kualitas layanannya agar dapat bersaing dengan platform marketplace yang lain. Oleh karena itu, akan dilakukan analisis sentimen dengan menggunakan metode Naïve Bayes dan analisis SWOT untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mungkin terjadi pada aplikasi Bukalapak dengan menggunakan data opini atau komentar dari penggunanya pada google playstore. Hasil analisis yang didapatkan setelah pengolahan data menggunakan metode Naïve Bayes adalah negative sebesar 0.768, positif 0.156 dan netral sebesar 0.076. Sedangkan hasil analisis SWOT yang didapatkan adalah  kekuatan dari Aplikasi Bukalapak yaitu  pesanan yang diterima oleh pembeli sesuai dengan apa yang dipesan dan  proses pembayaran yang mudah, kemudian kelemahannya adalah proses membuka beberapa halaman yang lambat, proses transaksi yang selalu bermasalah,proses menyampaikan pengaduan kepada admin yang rumit, proses pengiriman barang yang lambat dan fitur - fitur yang masih perlu diperbaiki, sedangkan peluang dari aplikasi Bukalapak ialah ulasan pengguna yang merasa terbantu oleh aplikasi, ungkapan senang pengguna terhadap aplikasi, dan  orang yang selalu menggunakan aplikasi Bukalapak, dan ancamannya adalah opini pengguna yang merasa tidak puas terhadap aplikasi Bukalapak. aktivitas menonaktifkan akun pengguna secara mendadak, dan voucher gratis ongkir yang sedikit dibandingkan aplikasi yang lain.      

Kata Kunci: Bukalapak, E-commerce, Analisis Sentimen.

Published

2024-01-25