Analisis Sistem Penjualan Digital (Digital Marketing) dan Minat Penggunaan Tiktok Shop di Indonesia

Authors

  • Nurfathnah Nabilah Universitas Nusa Putra
  • Adhitia Erfina Universitas Nusa Putra

Abstract

 

Abstrak

Pasca pandemi covid-19 transaksi penggunaan e-commerce mengalami peningkatan. Salah satu e-commerce yang saat ini mengalami peningkatan pengguna dan transaksi yaitu aplikasi Tiktok Shop. Tiktok Shop merupakan fitur terbaru yang diberikan oleh aplikasi Tiktok sejak tahun 2021. Kemudahan dalam promosi dengan menggunakan vidio singkat dan streaming langsung mempermudah pelaku usaha untuk mempromosikan produknya dan menambah kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan karena dapat berinteraksi langsung secara daring. Sejalan dengan kemudahan tersebut, analisis sistem digital marketing yang dimiliki oleh Tiktok Shop perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengetaui kelemahan dan kelebihan dari sistem digital marketing yang telah diterapkan. Kemudian dengan mengetahui sistem penjualan yang dimiliki oleh Tiktok Shop kita dapat mengetahui minat penggunaan dari Tiktok Shop. Dalam penelitian ini, analisa system digital marketing dilakukan dengan melihat trend pengguna Tiktok Shop pada mesin pencarian digital yang telah dioptimalkan. Kemudian untuk melihat minat penggunaan Tiktok Shop di Indonesia. Dilakukan analisa transaksi yang dilakukan di setiap daerah yang ada di Indonesia yang menggunakan Tiktok Shop. Dari analisa yang dilakukan diperoleh hasil bahwa system digital yang dimiliki oleh Tiktok Shop sangat baik dan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari analisis google trend  dalam kurun waktu tiga tahun terakhir yang menglami peningkatan hingga 100%. Selain itu minat penggunaan Tiktok Shop di daerah-daerah di Indonesia telah mencapai 50% lebih dan pengguna Tiktok Shop telah mencapai hingga 800 juta pengguna. Hal ini menunjukkan, keberhasilan pemasaran digital Tiktok Shop menyebabkan peningkatan minat penggunaan Tiktok Shop di Indonesia.

 

Kata kunci: e –commerce, Penjualan Digital, Minat Pengguna, Tiktok Shop

Shop in Indonesia. An analysis of transactions is carried out in every region in Indonesia that uses the Tiktok Shop. From the analysis carried out, the results show that the digital system owned by Tiktok Shop is very good and successful. This can be seen from Google trend analysis in the last three years which has increased by up to 100%. In addition, interest in using Tiktok Shop in regions in Indonesia has reached more than 50% and Tiktok Shop users have reached up to 800 million users. This shows that the success of Tiktok Shop digital marketing has led to an increase in interest in using Tiktok Shop in Indonesia.

 

Keywords: e –commerce, Digital Marketing, User Interest, Tiktok Shop

Published

2024-01-25