Analisis Sistem Antrian Pelayanan Pasien Pada Puskesmas Cibadak Dengan Metode Multi Channel Single Phase

Authors

  • Salsa Lisna Audina Universitas Nusa Putra
  • Dudih Gustian Universitas Nusa Putra

Keywords:

Kata Kunci : Multi Channel Single Phase, Riset Operasi, Sistem Antrian

Abstract

Puskesmas Cibadak merupakan pusat pelayanan kesehatan yang terletak di RW 017 Kelurahan Cibadak tepatnya di belakang Kantor Kecamatan Cibadak. Puskesmas ini memiliki tiga pelayanan yaitu Umum, Kesehatan Ibu dan Anak, dan dokter Gigi. Kualitas proses pelayanan yang buruk mempengaruhi ketidakpuasan pasien, sehingga pasien tidak tertarik untuk kembali berobat. Menurut data Puskesmas Cibadak, jumlah pasien sejak Juni 2021 hingga Mei 2022 mengalami penurunan. Penurunan jumlah pasien yang berkunjung ke Puskesmas Cibadak merupakan pertanda adanya masalah yang perlu mendapat perhatian. Penyebab penurunan jumlah pasien ini karena bagian pendaftaran masih menggunakan manual atau masih menggunakan kertas dan belum memiliki sistem yang terkomputerisasi. Sehingga sangat memakan waktu karena banyaknya pasien yang harus menunggu dalam antrian yang begitu panjang. Masalah antrian ini menjadi salah satu penyebab terjadinya persaingan antar pemberi pelayanan sehingga apabila pelayanan medisnya baik maka pasien akan tertarik untuk kembali ke tempat pelayanan tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik Riset Operasi dengan metode Multi Channel Single Phase, suatu bentuk antrian dengan dua antrian atau lebih dan satu server. Data yang diambil adalah data primer yang menghitung waktu kedatangan pasien, mulai dan selesainya prosedur yang terjadi di Puskesmas Cibadak. Penelitian ini memberikan solusi bagi Puskesmas Cibadak untuk mempermudah dan tidak menghambat waktu pendaftaran pelayanan yang dibutuhkan dengan mengetahui sistem antrian Puskesmas Cibadak dan menentukan pelayanan yang optimal.

 

Kata Kunci : Multi Channel Single Phase, Riset Operasi, Sistem Antrian

Published

2022-09-03