Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII Mts. Al- Furqon Menggunakan Metode Algoritma K- Means Clustering

Authors

  • Muhamad Salman Al-Faritsy Universitas Nusa Putra
  • Dudih Gustian Universitas Nusa Putra

Abstract

MTs.Al-Furqon merupakan Sekolah yang bergerak dalam bidang Pendidikan, terletak  di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, sekolah ini memiliki sekitar 380 murid yang dibagi menjadi 8 kelas yaitu 3 kelas untuk kelas VII, 2 kelas untuk kelas VIII, dan 3 kelas lainnya yaitu untuk kelas IX. Di MTs.Al-Furqon kegiatan belajar mengajar masih menggunakan metode lama yaitu dengan metode ceramah, Metode ceramah adalah metode yang boleh dikatakan metode tradisional, karena sejak dulu metode ini telah dipergunakan sebagai alat komunikasi lisan antara guru dengan siswa dalam proses belajar mengajar. Meskipun metode ini lebih banyak menuntut keaktifan guru dari pada anak didik, tetapi metode ini tetap tidak bisa ditinggalkan begitu saja dalam kegiatan pengajaran, sehingga hal ini menjadi dampak terhadap salah satu mata pelajaran yang diajarkan yaitu mata pelajaran Informatika, yang mempengaruhi minat  belajar bagi siswa – siswi yang belajar di MTs.Al-Furqon.Dimana mereka merasa bosan dan jenuh dengan metode pengajaran yang lama dengan hanya mendengarkan guru menjelaskan materi, tidak adanya interaksi yang menarik Antara siswa dan guru yang mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik Data Mining dengan menggunakan metode Clustering menggunakan Algoritma K-Means.Pengujian pada penelitian ini, peneliti menggunakan data Nilai Metode Pengajaran, Nilai Fasilitas Belajar, Nilai Kondisi Kelas, Nilai Pengaruh Lingkungan dan  Nilai Profesionalis Guru. Untuk mengetahui keminatan siswa dalam belajar di sekolah dengan mengelompokan data analisis menggunakan Clustering K-Means.

Kata Kunci: Data Mining, Algoritma Clustering K-Means, Pengaruh Minat Belajar

Published

2022-09-03