Penerapan Regresi Linear Dalam Efektivitas Pembelajaran E-Learning Pada Sistem Pembelajaran Sekolah Penggerak

Authors

  • Didit Supriyadi Universitas Nusa Putra
  • Adhitia Erfina Universitas Nusa Putra

Keywords:

Statistic, Linear Regression, E-learning, Covid-19, Sekolah Penggerak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran E-learning pada Sekolah Penggerak, setelah menteri pendidikan mengambil keputusan dengan menerapkan sistem Sekolah Penggerak Belajar Merdeka dimana guru dan kepala sekolah menjadi motor penggerak untuk menumbuhkan kompetensi dan karakter yang dapat dikembangkan, namun pada era pandemi hingga sekarang, dimana seluruh kegiatan di laksanakan secara daring salah satunya dibidang pendidikan. Masalah yang timbul yaitu pada masih banyak nya siswa yang belum paham akan penggunaan nya metode daring seperti Google Clashroom maupun metode pengumpulan tugas lainnya, dan masih ada siswa yang memiliki kekurangan dalam fasilitas pembelajaran, sehingga siswa tidak dapat menangkap seluruh materi yang diberikan. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa SMAN 1 Kota Sukabumi yang diajar menggunakan metode daring. Dalam penelitian ini digunakan metode penghitungan statistika dengan metode Regresi Linear guna membantu mengetahu siswa mana saja yang setuju maupun tidak setuju terhadap sistem pembelajaran tersebut. Pengumpulan data sampel pada penelitian ini menggunakan kuesioner secara online menggunakan Google Form.

 

Kata Kunci: Statistika, Regresi Linear, E-learning, Covid-19, Sekolah Penggerak

Published

2022-09-03