Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Pada Kedai Bocimi Berbasis Android Menggunakan Zachman Framework

Authors

  • Nisa Nurushalihah Nusaputra
  • Silmy Ni’matul Kamila Universitas Nusa Putra
  • Salma Addiyanati Tsaqila Universitas Nusa Putra
  • Adithia Erfina Universitas Nusa Putra

Abstract

Usaha kuliner adalah salah satu usaha yang cukup berkembang dengan cepat di Indonesia. Banyak restoran bahkan kedai kecil yang diburu oleh masyarakat dan menciptakan antrian panjang. Membludaknya pesanan membuat beberapa pelaku usaha kewalahan melayani pelanggannya, hingga terjadi beberapa masalah yang membuat pelanggan pergi. Untuk membantu meningkatkan pelayanan konsumen dan mengorganisir informasi dibuatlah sistem manajemen pelayanan sistem informasi menggunakan Zachman Framework pada kedai bocimi. Zachman Framework merupakan salah satu metode pada enterprise architecture yang digunakan untuk menggambarkan enterprise secara menyeluruh terkait sistem informasi yang dibuat. Sehingga tergambarlah sistem informasi yang terorganisir diantaranya use case diagram, class diagram, class , activity diagram, activity diagram, dan sequence diagram, serta rancangan desain antarmuka yaitu proses transaksi jual beli, list pemesan produk, laporan tentang penjualan produk, laporan penawaran, dan tampilan pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan user.

Kata Kunci : Sistem informasi , Kedai, Zachman Framework

Published

2022-09-03