PENERAPAN DATA MINING K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGELOMPOKKAN BERBAGAI JENIS MERK LAPTOP

Authors

  • Putri Ulil Fatma Aulia Universitas Nusa Putra
  • Sudin Saepudin Universitas Nusa Putra

Keywords:

k-means, Clustering, Laptop

Abstract

Laptop sudah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan dari masyarakat dijaman sekarang ini. Laptop adalah komputer bergerak (bisa dipindahkan dengan mudah ) yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg.tergantung ukuran,bahan, dari spesifikasi laptop tersebut. Dengan berkembangnya teknologi mobile saat ini menjadikan jenis dan merk laptop semakin banyak. Banyaknya pilihan laptop tidak otomatis memudahkan kita untuk membeli yang terbaik karena banyak masyarakat yang kurang tahu dari spesifikasi laptop. Tujuan penelitian ini menerapkan metode k-means Clustering untuk mengelompokan berbagai merk jenis laptop sehingga dapat mempermudah konsumen untuk membeli dengan kualitas yang terbaik.berdasarkan pengujian yang dilakukan mampu memberikan hasil yang baik sesuai dengan perhitungan yang digunakan dan dapat membantu konsumen yang akan membeli. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi konsumen terhadap merek, kualitas dengan minat membeli.

Published

2021-09-13