ANALISIS SENTIMEN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

Authors

  • Siti Yana Nursyi’ah Universitas Nusa Putra
  • Adhitia Erfina Universitas Nusa Putra
  • Cecep Warman Universitas Nusa Putra

Keywords:

Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring, Sentimen, Naïve Bayes

Abstract

Strategi melawan pandemi Covid-19 dengan pembatasan sosial memaksa semua institusi pendidikan menghentikan proses belajar dan menggantinya dengan pembelajaran daring. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mempertegas kebijakan pembelajaran daring dalam masa pandemi dengan mengeluarkan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR). Kebijakan ini mewajibkan menggunakan jaringan internet melalui perantara smarthphone, gadget, komputer, dan aplikasi sebagai pengganti tatap muka. Namun pembelajara daring yang di- anggap sebagai strategi kemudian menjadi kontroversi karena perlu adaptasi. Perubahan mendadak dari pembela- jaran tatap muka ke pembelajaran daring pada skala besar menyebabkan berbagai respons di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis opini publik terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19, penelitian ini diambil dari data Twitter dan diolah menggunakan algoritma Naïve Bayes.

Published

2021-09-13