ANALISIS SENTIMEN APLIKASI TIKET ONLINE DI PLAY STORE MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

Authors

  • Fathurahman Bei Universitas Nusa Putra
  • Sudin Saepudin Universitas Nusa Putra

Keywords:

Analisis Sentimen, Google Play Store, SVM, Tiket Online

Abstract

Saat ini semuanya sudah serba digital. Dalam hal untuk bepergian dan memesan tiket pesawat atau membooking kamar hotel kita hanya perlu melakukan nya dari rumah dari aplikasi pemesanan tiket online yang sudah ada di platform google play store. Aplikasi tiket online yang peneliti temukan berdasarkan rating Bintang yang diberikan oleh pengguna adalah Agoda, Mister Aladin, Pegipegi, Tiket.com, dan Traveloka. Masing-masing aplikasi tersebut memiliki kekurangan yaitu seperti banyaknya penipuan pada saat transaksi, ketika membatalkan pemesanan tiket atau booking kamar hotel terkadang uang refund nya lama dikembalikan. Masalah tersebut sangat berpengaruh pada kepuasan pelanggan yang seharusnya menjadi tolak ukur kualitas pelayanan dari aplikasi tiket online tersebut. Untuk itu dalam penelitian ini akan dilakukan analisis sentimen terhadap aplikasi tiket online pada google play store dengan menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) untuk mengetahui aplikasi mana yang mendapatkan nilai akurasi tertinggi untuk dijadikan sebagai aplikasi terbaik. Data yang berhasil dikumpulkan dari penerapan web scraping dengan tools data miner adalah sebanyak 1.500 data ulasan komentar. Hasil yang didapatkan yaitu nilai akurasi aplikasi tertinggi adalah Pegipegi dengan nilai akurasi 78,21%, kedua yaitu aplikasi Agoda dengan nilai akurasi 77,00%, ketiga yaitu aplikasi Traveloka dengan nilai akurasi 75,03%, keempat yaitu aplikasi Mister Aladin dengan nilai akurasi 64,00%, dan nilai akurasi terendah yaitu aplikasi Tiket.com dengan nilai akurasi 58,68%.

Published

2021-09-13