PENERAPAN DATA MINING K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENGELOMPOKKAN BERBAGAI JENIS MERK SMARTPHONE

Authors

  • Austin Almadya Universitas Nusa Putra
  • Sudin Saepudin Universitas Nusa Putra

Keywords:

Smartphone, K-means, Cluster

Abstract

Seiring perkembangannya teknologi, saat ini handphone kian berkembang dari masa ke masa. Smartphone atau ponsel pintar menjadi salah satu gadget yang kian populer setiap tahunnya. Bahkan, kini semua orang sudah mulai menjadikan smartphone sebagai salah satu kebutuhan pokok. Mulai dari anak- anak hingga dewasa. Banyaknya merk dan tipe smartphone murah, menjadi salah satu faktor penunjang mengapa gadget saat ini begitu populer. Banyaknya pilihan smartphone tidak otomatis memudahkan kita untuk memilih yang terbaik karena masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang spesifikasi smartphone [1].

K-Means clustering bertujuan mengelompokkan data yang ada kedalam beberapa kelompok, dimana data dalam satu kelompok mempunyai karakteristik yang sama satu sama lainnya dan mempunyai karakteristik yang berbeda dengan data yang ada di dalam kelompok yang lain. Dengan kata lain,metode ini berusaha untuk meminimalkan variasi antar data yang ada di dalam suatu cluster dan memaksimalkan variasi dengan data yang ada di cluster lainnya [2].

Pada penelitian ini akan menggunakan metode k-means clustering, dengan mengambil sampel dari berbagai merk smartphone. Sehingga akan terbentuk beberapa cluster produk smartphone. Hal ini diharapkan bisa membantu kelak siapa saja yang akan membeli smartphone.

Published

2021-09-13