SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN SISWA BARU DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTHING (SAW) DI SMAN 1 CIKAKAK KAB. SUKABUMI

Authors

  • Aditya Abdillah Universitas Nusa Putra

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weigthing Pendaftaran

Abstract

Penerimaan siswa baru merupakan salah satu proses yang ada di instansi Pendidikan untuk menyaring calon siswa yang terpilih sesusai kriteria yang ditentukan. Pada umumnya proses penerimaan siswa baru dilakukan melalui tahap pendaftaran, seleksi berkas dan penerimaan siswa. Akan tetapi proses seleksi penerimaan siswa di SMAN 1 Cikakak Palabuhanratu Jl. Padurenan Km. 1 Cikakak Kab. Sukabumi masih menggunakan cara manual sehingga menimbulkan masalah yang masih sering terjadi yaitu sulitnya menyeleksi satu persatu calon siswa yang akan diterima. Dari masalah tersebut muncul gagasan untuk membuat suatu sistem pendukung keputusan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan penerimaan calon siswa baru menggunakan metode simple additive weighting yaitu pola perhitungan yang digunakan dengan pen- jumlahan terbobot dari rating kinerja ada setiap alternatif pada semua atribut, dan dapat membantu pihak sekolah sebagai pengambilan keputusan.
Tujuan penelitian ini dirancang dengan tujuan membangun sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting dalam menentukan penerimaan calon siswa baru dengan kriteria dan bobot yang telah ditentukan. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu wa- terfall, sedangkan perancangan sistem menggunakan perancangan Activy Diagram berjalan,Use cas Dia- gram, Sequence Diagram Perhitungan SAW dengan adanya sistem ini dapat membantu pihak sekolah da- lam pengambilan keputusan penerimaan siswa.

Published

2021-09-13