SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN MINAT BELAJAR ANAK SAAT PANDEMI MENGGUNAKAN SISTEM PAKAR (STUDI KASUS: KOBER HARISMA)

Authors

  • Nneng Antin Maulidi Agustini Universitas Nusa Putra
  • Sudin Saepudin Universitas Nusa Putra
  • Dudih Gustian Universitas Nusa Putra

Keywords:

Breadth first search, covid-19, kober, pendidikan, sistem pakar

Abstract

Saat ini pemerintah memberikan anjuran kepada dunia pendidikan agar pembelajaran dilakukan dari rumah, hal itu merupakan upaya untuk mengurangi penyebaran covid-19 yang sudah melanda dunia sejak tahun 2019 lalu. Kober harisma merupakan salah satu sekolah yang sudah melaksanakan anjuran tersebut, berbagai dampak terjadi akibat anjuran pembelajaran dari rumah salah satunya yaitu keluhan orang tua karena anak malas belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan membantu para orang tua/wali murid untuk berkonsultasi dengan pakar dibidangnya yaitu ibu Erni Suhartini melalui sistem pakar terkait keluhan yang terjadi, kemudian pakar dapat menyampaikan solusi kepada orang tua/wali murid melalui Sistem Pakar ini. Dalam penelitian, ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan terdapat beberapa variabel yang berpengaruh terhadap pembelajaran dari rumah, salah satunya yaitu wawasan orang tua, kesabaran orang tua, lingkungan, dan fasilitas pembelajaran. Selain itu, penelitian ini menggunakan Sistem Pakar sebagai sistem pendukung keputusan minat belajar anak saat pandemi dan metodeĀ  algoritma Breadth First Search sebagai metode pendukung sistem. Sistem pakar yang dihasilkan dari penelitian ini dapat menjadi media konsultasi antara orang tua/wali murid dengan pakar yaitu ibu Erni Suhartini, S.E, S. Pd terkait pembelajaran dari rumah saat pandemi dan memberikan solusi ketika anak tidak minat belajar.

Published

2021-09-13