ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN KONSULTASI DOKTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES

Authors

  • Neng Resti Wardani Universitas Nusa Putra
  • Adhitia Erfina Universitas Nusa Putra

Keywords:

Analisis sentimen, twitter, naive bayes

Abstract

Sistem pelayanan kesehatan di Indonesia saat ini masih cukup baik, namun masih ada beberapa kekurangan yang masih banyak di jumpai, diantarnya adalah jadwal pemeriksaan dari dokter yang hanya sebentar dan banyaknya antrian pasien. Dengan hadirnya aplikasi layanan konsultasi dokter mempermudah dalam konsultasi seputar kesehatan, layanan konsultasi dokter menjadi salah satu alternatif dalam penunjang kesehatan dimasa pandemi covid 19. Karna banyaknya pengguna layanan konsultasi dokter seperti halodoc, alodokter dan klik dokter. Komentar masyarakat terhadap layanan aplikasi ini menjadi salah satu pertimbangan bagi pengguna untuk mengetahui layanan aplikasi konsultasi terbaik, menurut cuitan pengguna twitter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sentimen masyarakat terhadap pengguna aplikasi layanan konsultasi dokter menggunakan algoritma naive bayes pada twitter. Setelah melakukan pengumpulan data yang diolah sebanyak 300 komentar dari ketiga aplikasi yang didapat dari masing masing aplikasi 300 komentar, hasil dari proses analisa menunjukan aplikasi dengan komentar negatif paing sediki yaitu Klik dokter dengan nilai akurasi sebesar 98,57%, kedua halodoc dengan nilai akurasi sebesar 82,86%, ketiga alodokter dengan nilai aurasi sebesar 62,86%.

Published

2021-09-13