Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik <p><strong>SISMATIK</strong> merupakan kegiatan dalam bentuk seminar nasional dengan merepresentasikan kajian dan hasil penelitian baru di bidang Sistem Informasi dan Manajemen Informatika. Naskah atau makalah yang diterbitkan telah melalui kajian dari para mitra bestari dan telah lolos uji plagiasi. Jurnal ini menyediakan akses konten Sistem Informasi yang terbuka secara penuh dengan tujuan memberikan kontribusi pada penyebaran ilmu pengetahuan secara bebas untuk publik dan mendukung pertukaran pengetahuan secara global. <strong>SISMATIK</strong> dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi, Universitas Nusa Putra.</p> en-US [email protected] (Pengelola SISMATIK) [email protected] (Adhitia Erfina, S.T., M.Kom.) Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Systematic Literature Review (SLR): Metode, Manfaat, dan Tantangan Learning Analytics dengan Metode Data Mining di Dunia Pendidikan Tinggi https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/182 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><strong> </strong></p> <p>Digitalisasi data pendidikan memungkinkan peneliti untuk dengan mudah mengakses data penting, terperinci, dan informatif untuk pengambilan keputusan yang diperlukan. Data mining dalam pendidikan berkaitan dengan aplikasi teknik penemuan pengetahuan, pembelajaran mesin, dan statistik berbasis informasi dari data pendidikan. Untuk mengukur tingkat kompetensi mahasiswa dalam menggunakan media <em>Learing Analytics </em>lalu sebagai tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi saat ini kerap kali mengimplementasikan Educational Data Mining (EDM) maka dalam metodologi penelitian peneliti akan menyoroti pemanfaatan data mining (DM) di bidang pendidikan dan juga pendekatan yang dapat digunakan secara memadai untuk memprediksi perilaku dan kinerja mahasiswa di dunia pendidikan melalui <em>systematic literature review</em> dan juga pendekatan dengan menggunakan klasifikasi Smooth Support Vector Machine (SSVM) dan teknik algoritma kernel K-Means Clustering yang dapat digunakan secara memadai untuk memprediksi atau meramalkan perilaku dan kinerja mahasiswa. Hasil yang peneliti harapkan dapat sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu dapat mengetahui efektifitas penggunaan <em>data mining </em>di perguruan tinggi maka penulis menggunakan K-Means Clustering dan SVM untuk mengetahui setiap kategori perilaku dan kinerja dari mahasiswa dengan mengambil 10 sampel mahasiswa yang telah menggunalan <em>Learning Analytics </em>untuk sistem belajarnya yakni LMS (<em>Learning Management System</em>). Dan tujuannya untuk menjawab <em>literatur review</em> peneliti terkait penelitian-penelitian sebelumnya yakni efektivitas dari penggunaan <em>Education Data Mining</em> dalam melihat efektifitas dan tantangan dari <em>Learning Analytics</em> di perguruan tinggi.</p> <p><strong> </strong></p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Learning Analytics, </em>Pendidikan Tinggi, <em>K-Means Clustering</em>, SSVM</p> Fauzia Ramadhan, Yansen Makleat, Abdul Cholis, Sudin Saepudin Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/182 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Perancangan Sistem Informasi Pemutar Lagu yang Legal untuk Komersial menggunakan Zachman Framework https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/184 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penggunaan lagu secara komersial di hotel, restoran, televisi, radio, dan bisnis lainnya mewajibkan pembayaran royalti kepada pemegang hak cipta lagu tersebut. Namun, masalahnya adalah banyak pengguna lagu yang tidak mematuhi ketentuan ini, mengakibatkan kerugian bagi pencipta lagu. para musisi dan pemegang hak cipta membutuhkan sistem informasi yang dapat membantu mereka dalam memperoleh hak-hak mereka. <em>Zachman Framework</em> digunakan sebagai kerangka kerja yang dapat membantu merancang sistem informasi dengan lebih terstruktur. Kerangka arsitektur ini memetakan elemen-elemen dalam lembaga atau organisasi untuk memastikan bahwa sistem informasi yang dirancang sesuai dengan perspektif yang beragam. penulis mengusulkan perancangan sistem informasi pemutar lagu yang legal untuk keperluan komersil menggunakan <em>Zachman Framework</em>. Sistem ini akan memungkinkan hotel, diskotik, restoran, radio, televisi, dan tempat-tempat lainnya untuk memutar lagu dengan membayar royalti secara otomatis. Dengan menggunakan kerangka kerja ini, diharapkan sistem informasi yang dirancang dapat memastikan pemenuhan hak cipta bagi pencipta lagu, memberikan penghargaan yang pantas bagi para musisi, dan meningkatkan perlindungan terhadap karya seni di Indonesia.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Komersialisasi penggunaan lagu, Sistem informasi, Tujuan komersial.</p> M. Farhan, Adhitia Erfina Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/184 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Perancangan UI/UX Website Ramah Wisatawan di Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/185 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Sistem Informasi Sukabumi Ramah Wisatawan atau disingkat SURATAN adalah proyek perancangan desain user interface (UI) dan user experience (UX) website Ramah Wisatawan (user friendly) yang bertujuan untuk membantu Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi meningkatkan kualitas pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Kabupaten Sukabumi. yang kemudian dioptimalkan melalui desain antarmuka pengguna dan desain pengalaman pengguna, desain ini menggunakan metode design thinking. Perancangan ini meliputi informasi untuk wisatawan tentang tujuan wisata, tempat wisata, wahana, harga tiket, tempat wisata, rekomendasi dan harga makanan, akomodasi dan informasi umum lainnya, Kemudahan penggunaan, informatif dan komunikatif adalah inti dari sistem ini. Merancang sistem ini melibatkan fase pemikiran desain yang berbeda, yaitu memahami pengguna dan konteks, mengumpulkan ide, mengembangkan konsep, dan menguji serta mengulangi desain. Umpan balik dari wisatawan dan pemangku kepentingan juga diperhitungkan untuk memastikan bahwa desain memenuhi kebutuhan pengguna. Desain antarmuka pengguna yang optimal meningkatkan ketersediaan informasi, memudahkan pengguna menemukan informasi yang dibutuhkan, dan meningkatkan pengalaman berwisata di Kabupaten Sukabumi.</p> <p> </p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: design thinking, informatif, komunikatif, user interface.</em></p> Yogi Iskandar, Arny Lattu, M. Anton Permana Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/185 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Kepuasan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas XYZ terhadap Layanan SIAKAD https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/186 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>SIAKAD merupakan Sistem Informasi Akademik yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan terkait akademik suatu lembaga pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi, SIAKAD juga mulai banyak digunakan oleh berbagai institusi pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah ServQual. Dari permasalahan yang telah disebutkan, kualitas pelayanan merupakan hal yang sangat dominan terjadi dalam suatu sistem informasi. Semakin baik sistem maka kualitas pelayanan akan semakin baik, sehingga pengguna dapat menggunakan sistem dengan mudah dan nyaman. Pengumpulan data diperoleh dari kuesioner online dan studi literatur. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Sistem Informasi angkatan 2020, 2021 dan 2022 di Universitas XYZ. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang positif dengan nilai gap variabel sebesar 0,03 untuk fasilitas yang digunakan, informasi dan data yang disediakan, keamanan sistem, dan kualitas layanan sistem.</p> Fatwa Adib Soetedjo, Dudih Gustian Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/186 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Systematic Literature Review (SLR): Analisis Sentimen Pemilihan Calon Presiden 2024 menggunakan Metode Naive Bayes https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/191 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><strong> </strong></p> <p>Indonesia akan menyelenggarakan pemilihan presiden secara demokratis pada tahun 2024. Setiap tokoh politik yang dicalonkan sebagai presiden akan mempertimbangkan seberapa populer mereka di mata masyarakat. Menjelang pemilihan umum, hal itu secara signifikan mempengaruhi pembentukan opini publik, pandangan, sentimen, dan preferensi politik terutama di Facebook dan platform media sosial lainnya. Beberapa kegunaan media sosial antara lain untuk mencari teman baru, belajar tentang olahraga, ekonomi, pariwisata, dan politik. Karena salah satunya adalah pimpinan capres 2024, maka penulis ingin mengetahui informasi apa saja tentang capres capres 2024 yang terdapat pada opini publik di situs media sosial seperti facebook. Masalah ini dapat diatasi dengan bantuan penelitian di bidang analisis sentimen, yang berfokus pada studi komputasi opini, perilaku, dan perasaan tentang entitas yang diekspresikan dalam teks. Berdasarkan hasil analisis sentimen, penelitian ini bertujuan untuk menggunakan metode Naive Bayes untuk membagi reaksi publik terhadap berita tentang capres 2024 menjadi tiga kategori: positif, negatif, dan netral.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> <em>Calon Presiden, Sosial Media, Analisis Sentimen, Naive Bayes</em></p> Novita Damayanti, Destri Komalasari, Nopita Amelia, Habi Baturohmah Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/191 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Systematic Literature Review (SLR): Sistem Pendukung Keputusan untuk Manajemen Bisnis https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/193 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><em>Artikel ini membahas tentang penerapan Sistem Pendukung Keputusan (DSS) dalam manajemen bisnis dan strategi organisasi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis manfaat DSS dalam manajemen bisnis dan mendukung pengambilan keputusan strategis. Melalui tinjauan literatur dan studi kasus pada dua perusahaan manufaktur skala menengah dan satu perusahaan layanan keuangan besar, ditemukan bahwa DSS membantu meningkatkan efisiensi operasional, pengambilan keputusan investasi yang lebih baik, dan manajemen risiko yang efektif. Namun, tantangan dalam integrasi data, pelatihan pengguna, dan keamanan data harus diatasi agar implementasi DSS berhasil dan memberikan manfaat maksimal bagi organisasi.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Sistem Pendukung Keputusan, Manajemen Bisnis, Strategi Organisasi, Efisiensi Operasional, Pengambilan Keputusan Investasi, Manajemen Risiko, Integrasi Data, Pelatihan Pengguna, Keamanan Data.</em></p> <p> </p> Hadi Jaya Pratama, Whyno Adi Wijaya, Titik Ananda Putri, Johsua IW. Angkow, Ainul Haq Nurridha, Gilang Putra Pratama, Dicky Faisal, Rifqi Nurur Rochman, Fatwa Adib Soetedjo Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/193 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Sistem Penjualan Digital (Digital Marketing) dan Minat Penggunaan Tiktok Shop di Indonesia https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/192 <p> </p> <p><strong>Abstrak </strong></p> <p>Pasca pandemi covid-19 transaksi penggunaan <em>e-commerce</em> mengalami peningkatan. Salah satu <em>e-commerce</em> yang saat ini mengalami peningkatan pengguna dan transaksi yaitu aplikasi <em>Tiktok Shop</em>. <em>Tiktok Shop</em> merupakan fitur terbaru yang diberikan oleh aplikasi <em>Tiktok</em> sejak tahun 2021. Kemudahan dalam promosi dengan menggunakan vidio singkat dan <em>streaming</em> langsung mempermudah pelaku usaha untuk mempromosikan produknya dan menambah kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan karena dapat berinteraksi langsung secara daring. Sejalan dengan kemudahan tersebut, analisis sistem <em>digital marketing</em> yang dimiliki oleh <em>Tiktok Shop </em>perlu dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mengetaui kelemahan dan kelebihan dari sistem <em>digital marketing</em> yang telah diterapkan. Kemudian dengan mengetahui sistem penjualan yang dimiliki oleh <em>Tiktok Shop</em> kita dapat mengetahui minat penggunaan dari <em>Tiktok Shop</em>. Dalam penelitian ini, analisa system <em>digital marketing</em> dilakukan dengan melihat trend pengguna <em>Tiktok Shop</em> pada mesin pencarian digital yang telah dioptimalkan. Kemudian untuk melihat minat penggunaan <em>Tiktok Shop</em> di Indonesia. Dilakukan analisa transaksi yang dilakukan di setiap daerah yang ada di Indonesia yang menggunakan <em>Tiktok Shop</em>. Dari analisa yang dilakukan diperoleh hasil bahwa system digital yang dimiliki oleh <em>Tiktok Shop</em> sangat baik dan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari analisis <em>google trend </em> dalam kurun waktu tiga tahun terakhir yang menglami peningkatan hingga 100%. Selain itu minat penggunaan <em>Tiktok Shop</em> di daerah-daerah di Indonesia telah mencapai 50% lebih dan pengguna <em>Tiktok Shop</em> telah mencapai hingga 800 juta pengguna. Hal ini menunjukkan, keberhasilan pemasaran digital <em>Tiktok Shop </em>menyebabkan peningkatan minat penggunaan <em>Tiktok Shop</em> di Indonesia.</p> <p> </p> <p><strong>Kata kunci</strong>: <em>e</em> –commerce, Penjualan Digital, Minat Pengguna, <em>Tiktok Shop</em></p> <p><em>Shop in Indonesia. An analysis of transactions is carried out in every region in Indonesia that uses the Tiktok Shop. From the analysis carried out, the results show that the digital system owned by Tiktok Shop is very good and successful. This can be seen from Google trend analysis in the last three years which has increased by up to 100%. In addition, interest in using Tiktok Shop in regions in Indonesia has reached more than 50% and Tiktok Shop users have reached up to 800 million users. This shows that the success of Tiktok Shop digital marketing has led to an increase in interest in using Tiktok Shop in Indonesia. </em></p> <p><strong> </strong></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>e –commerce, Digital Marketing, User Interest, Tiktok Shop</em></p> Nurfathnah Nabilah, Adhitia Erfina Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/192 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penilaian Kemampuan Soft Skill Karyawan menggunakan Metode Analytical Hierarchical Process (AHP) di Lingkungan Kerja https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/195 <p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p><em>Dalam penelitian ini, Analytical Hierarchical Process (AHP) digunakan untuk mendukung manajer perusahaan dalam menilai kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan objektivitas hasil penilaian kinerja karyawan melalui pendekatan sistem pendukung keputusan. Banyak penelitian sebelumnya telah menggunakan metode Analytical Hierarchical Process dalam penilaian kinerja, namun belum atau tidak sepenuhnya mengimplementasikan pembobotan dengan baik. Dengan mengombinasikan metode pembobotan dan perangkingan, diharapkan hasil keputusan akan menjadi lebih efektif dan akurat. Hal ini akan membantu manajer perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih tepat dan menghasilkan penilaian kinerja karyawan yang lebih baik dan obyektif.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Analytical Hierarchical Process, AHP, soft skill karyawan, SPK</em></p> Intan Sri Fitriyani, Habi Baturohmah Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/195 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi BUKALAPAK untuk Meningkatkan Daya Saing menggunakan Metode Naive Bayes dan Analisis SWOT https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/199 <p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p><em>E-commerce mengalami peningkatan yang pesat di Indonesia, perilaku konsumtif masyarakat menjadi salaj satu penyebab platform belanja online diindonesia mengalami perkembangan, Bukalapak merupakan contoh platform bisnis online popular di indonesia. akan tetapi bukalapak bukanlah marketplace satu satunya yang ada di Indonesia, untuk dapat bertahan ditengah persaingan yang ketat, bukalapak harus meningkatkan kualitas layanannya agar dapat bersaing dengan platform marketplace yang lain. Oleh karena itu, akan dilakukan analisis sentimen dengan menggunakan metode Naïve Bayes dan analisis SWOT untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mungkin terjadi pada aplikasi Bukalapak dengan menggunakan data opini atau komentar dari penggunanya pada google playstore. Hasil analisis yang didapatkan setelah pengolahan data menggunakan metode Naïve Bayes adalah negative sebesar 0.768, positif 0.156 dan netral sebesar 0.076.</em> <em>Sedangkan hasil analisis SWOT yang didapatkan adalah kekuatan dari Aplikasi Bukalapak yaitu pesanan yang diterima oleh pembeli sesuai dengan apa yang dipesan dan proses pembayaran yang mudah, kemudian kelemahannya adalah proses membuka beberapa halaman yang lambat, proses transaksi yang selalu bermasalah,proses menyampaikan pengaduan kepada admin yang rumit, proses pengiriman barang yang lambat dan fitur - fitur yang masih perlu diperbaiki, sedangkan peluang dari aplikasi Bukalapak ialah ulasan pengguna yang merasa terbantu oleh aplikasi, ungkapan senang pengguna terhadap aplikasi, dan orang yang selalu menggunakan aplikasi Bukalapak, dan ancamannya adalah opini pengguna yang merasa tidak puas terhadap aplikasi Bukalapak. aktivitas menonaktifkan akun pengguna secara mendadak, dan voucher gratis ongkir yang sedikit dibandingkan aplikasi yang lain.</em><em> </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Bukalapak, E-commerce, Analisis Sentimen</em><em>.</em></p> Lusi, Habi Baturohmah Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/199 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Sentimen Analisis terhadap Pengguna Aplikasi Twitter pada Google Play Store menggunakan Metode Naive Bayes https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/204 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p><span style="font-weight: 400;">Semua orang di zaman sekarang harus bergerak cepat, praktis, dan tepat. Semua aspek kehidupan dipengaruhi oleh pertumbuhan pesat data digital. Tanpa harus menunggu lebih lama dengan digital, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan dan menerima data dengan cepat dan tepat. Twitter adalah salah satu situs media sosial paling populer di Indonesia. Laporan We Are Social 2022 menunjukkan bahwa sekitar 18,45 juta orang Indonesia menggunakan Twitter, menempati peringkat kelima terbesar di dunia. Saat ini, bagaimanapun, banyak orang yang berkomentar di Twitter tentang hal-hal yang tidak berfungsi, seperti fitur yang tidak berfungsi. Ini Menghasilkan banyak komentar negatif di media sosial Twitter pada aplikasi Google Play Store. Dengan Menggunakan metode Naïve Bayes dan alat minering cepat, penelitian ini berfokus pada respons negatif pengguna media sosial Twitter terhadap aplikasi. Studi ini menemukan persentase akurasi sebesar 95,33%dari 200 data sentimen negatif pengguna terkait media sosial Twitter yang diambil dari aplikasi Google Play Store. </span></p> <p> </p> <p><span style="font-weight: 400;">Kata Kunci: Aplikasi, Naive Bayes, Sentimen Analisis, Sosial media, Twitter</span></p> Trisyani Indah Suari, Dudih Gustian Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/204 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Perancangan Framework Zachman pada Arsitektur Sistem Informasi Tes Psikologi Online di Biro Psikologi Quantum Sukabumi https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/202 <p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p><em> Tes Psikologi di Biro Psikologi Quantum Sukabumi, ujian masih dilakukan secara konvensional. Proses ujian dilakukan dengan membagikan soal yang telah di cetak pada selembaran kertas, kemudian menjawab dengan bersama dalam waktu 11 menit. Dengan sistem ujian yang seperti ini sering kali mempunyai kendala, seperti lambatnya proses pembuatan soal, kesalahan dalam menilai hasil ujian, lambatnya pembuatan laporan hasil ujian. Pemborosan biaya kertas dan tinta dalam pembuatan soal dan penggandaan soal juga salah satu masalah. </em></p> <p><em>Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan merancang sebuah sistem yang sudah terkomputerisasi yaitu perancangan sistem ujian online berbasis web. Dengan sistem ujian online ini pun mempermudah petugas untuk membuat soal, menghemat biaya dan waktu dalam proses penilaian dan membuat laporan dengan mudah. Serta menghemat biaya dalam pembuatan soal dan penggandaan soal ujian. Untuk dapat merancang sistem, diperlukan sebuah model architecture enterprise sistem informasi ujian online agar dapat meminimalisir kegagalan ketika menerapkan sistem tersebut sekaligus dapat berjalan sesuai kebutuhan.</em></p> <p><em>Pada penelitian ini memiliki tujuan yaitu dapat membantu perubahan dari proses manual menjadi teknologi. Serta hasil rencana yang diberikan berupa rancangan Enterprise Architecture Sistem Informasi dengan model Zachman Framework yang nantinya dapat diimplementasikan dalam pembuatan sistem yang akan digunakan oleh Biro Psikologi Quantum untuk keberlangsungan pelaksanaan kegiatan tes tersebut.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Ujian Online, Sistem Informasi, Zachman Framework.</em></p> Bayu Andrea Pramayuda, Sudin Saepudin Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/202 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Sentimen Analisis Pengguna Twitter Indonesia terhadap Piala Dunia 2022 menggunakan Metode Naive Bayes Classifier https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/206 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Piala Dunia 2022 merupakan salah satu peristiwa olahraga global yang paling dinanti-nantikan di dunia, termasuk di Indonesia, yang memiliki basis penggemar sepakbola yang besar. Piala Dunia diadakan di Qatar dengan format turnamen diikuti oleh 32 tim yang bersaing gelar juara. Dalam era digital, Twitter telah menjadi platform yang sangat populer untuk berbagi pendapat, berita, dan emosi tentang acara-acara olahraga besar seperti Piala Dunia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen masyarakat pengguna twitter mengenai Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar menggunakan metode <em>Naïve Bayes </em>dengan alat bantu Rapidminer. Metode Naïve Bayes adalah salah satu teknik klasifikasi yang sering digunakan dalam analisis sentimen. Metode ini didasarkan pada teorema Bayes yang menggunakan probabilitas untuk menentukan kelas dari sebuah data. Dalam konteks analisis sentimen, klasifikasi Naïve Bayes akan mengidentifikasi apakah sebuah tweet memiliki sentimen positif, negatif, atau netral terkait Piala Dunia 2022. Data diperoleh dari komentar twitter dengan hastag #pialadunia2022. Analsisi sentiment 7.33%, dengan 770 sentimen positif, menunjukan bahwa peminat sepak bola lebih dominan diantara pengguna Twitter Indonesia. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang bagaimana perasaan dan pandangan pengguna Twitter Indonesia terhadap Piala Dunia 2022. Informasi ini dapat berguna bagi para pembuat kebijakan, perusahaan, dan masyarakat umum untuk memahami persepsi dan respons sosial terhadap acara olahraga global seperti Piala Dunia. </p> <p>Kata kunci: <em>Naïve Bayes</em>, Piala Dunia, Sentimen Analisis</p> Siska Tetra Oktaviani, Sihabudin, Habi Baturohmah Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/206 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Prediksi Nilai Inflasi Rupiah di Indonesia dengan menggunakan Metode Backpropagation Neural Network https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/207 <p><strong>Abtrack</strong><br />Penerapan teknologi informasi saat ini sangat membantu manusia atau organisasi tertentu<br />dalam menyelesaikan pekerjaan atau memenuhi kebutuhan. Inflasi merupakan indicator makro<br />ekonomi yang sangat penting di dalam dunia bisnis dan ekonomi.Neural network atau jaringan<br />syaraf tiruan adalah salah satu representasi buatan dan otak manusia yang selalu mencoba<br />mensimulasikan proses pembelajaran pada otak manusia (Amrin, 2014). Pada sampel training<br />observasi 2 memiliki 92.3% Percent Correct 27.4% Predicted, observasi 3 memiliki 75.0% Percent<br />Correct 33.9% Predicted, dan observasi 4 memiliki 92.3% Percent Correct 38.7% Predicted dan<br />Overall Percent 62.9%. Pada sampel testing observasi 2 memiliki 15.4% Predicted observasi 3<br />memiliki 80.0% Percent Correct 61.5% Predicted, observasi 4 memiliki 25.0% Percent Correct 23.1%<br />Predicted dan Overall Percent 50.0%. Berdasarkan hasil percobaan, metode BPNN dengan model<br />summary training yang dilakukan selama 4 detik menghasilkan Cross Entropy Error 61.278 dan<br />Percent Incorrect Predictions sebesar 37.1% Sedangkan testing memiliki nilai Cross Entropy Error<br />27.135 dengan Percent Incorrect Predictions sebesar 50%. Hal ini menunjukkan bahwa metode<br />BPNN dapat menjadi alternative metode dalam meramalkan tingkat inflasi di Indonesia.</p> <p><br />Kata Kunci: BPNN, Ekonomi, Inflasi, Indonesia.</p> Teguh Gustiana, Arny Lattu Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/207 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Sentimen Penggunaan Aplikasi Transportasi Online pada Ulasan Google Play Store menggunakan Algoritma SVM (Support Vector Machine) https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/209 <p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p><em>Transportasi umum merupakan kebutuhan dari sebagian masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Di era digital saat ini transportasi umum sudah bisa di akses secara online menggunakan smartphone melalui aplikasi yang tersedia di google play store, contoh nya aplikasi transportasi online yang sedang populer yaitu Grab, Gojek, dan Maxim.</em><em> Layanan transportasi online telah mendisrupsi industri transportasi tradisional dan memberikan alternatif yang lebih nyaman dan efisien bagi masyarakat. Namun, seperti halnya dengan inovasi apa pun, layanan transportasi online juga telah menghadapi beberapa tantangan terkait regulasi, keamanan, dan dampaknya pada sektor transportasi secara keseluruhan. Semenjak adanya fitur-fitur baru pada aplikasi tersebut seperti layanan food&amp;shop, aplikasi transportasi online mengalami lonjakan unduhan. Pengguna sering membaca ulasan dan mememeriksa peringkat sebelum mengunduh aplikasi di Google Play Store. Membentuk judul software terbaik kurang penting karena memiliki download dan rating yang hampir sama. Analisis sentimen terhadap sejumlah aplikasi transportasi online di Google Play Store dilakukan untuk menentukan mana yang memiliki predikat paling besar. Analisis review pengguna ini menggunakan Support Vector Machine (SVM) yang dalam beberapa penelitian diketahui memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi karena kemampuannya dalam mengidentifikasi aplikasi transportasi online terbaik berdasarkan review dari komentar di mesin pencari Google.</em></p> <p><strong><em>Kata kunci : </em></strong><em>Analisis Sentimen, Google Play Store, Support Vector Machine (SVM), Transportasi Online.</em></p> Dicki Nugraha, Dudih Gustian Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/209 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Sentimen terhadap ChatGPT Plus menggunakan Naive Bayes di Twitter https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/210 <p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p><em>Dalam era digital yang terus berkembang, media sosial telah menjadi pusat interaksi dan pertukaran informasi antara individu di seluruh dunia. Salah satu platform media sosial yang paling populer adalah Twitter, di mana pengguna dapat berbagi pikiran, pendapat, dan perasaan mereka dalam bentuk tweet yang singkat banyaknya opini masyarakat berpendapat yang bersifat positif, negataif dan netral adapun Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen pada data Twitter menggunakan carwling twitter dengan kata kunci “ChatGPT Plus” dan “chatGPT-4” dari OpenAI menggunakan metode klasifikasi Naive Bayes. Untuk mencari seberapa akurasi impelementasi naïve bayes. Hasil dari penelitian yang dilakukan terdapat Accuracy yang di hasilkan 84.60% sedagkan untuk precisionnya untuk positif 85.62%, negatif 95.43%, netral 62.77% dan untuk recallnya 94.24% positif, 76.61%, negatif, 90.77% negatif</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: chatgpt plu, naiv bayes, twitter</em></p> <p><em> </em></p> <p><em>Keywords: chatgpt plu, naiv bayes, twitter.</em></p> Putri Yani, Habi Baturohmah Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/210 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Enterprise menggunakan Kerangka Zachman pada SATLANTAS SAMSAT Sukabumi 1 Cibadak https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/213 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Proses cetak TNKB adalah proses pencetakan pelat nomor kendaraaan berisikan kode wilayah, nomor registrasi,<br />serta masa berlaku dan dipasang pada ranmor.cetak TNKB dilakukan 5 tahun sekali sesuai masa berlaku STNK.<br />Tujuannya sebagai bukti legistimasi pengoperasian Ranmr dan sebagai penjamin legilitas TNKB. Proses cetak<br />TNKB yang dilakukan disamsat sukabumi 1 cibadak memakan waktu cukup panjang dari awal pengajuan<br />permohonan sampai ke penyerahan. Dalam proses tersebut ditemukanlah beberapa masalah seperti proses<br />pemberkasan yag cukup panjang, mesin cetak yang masih manual dan tidak adanya sistem teknologi yang belum<br />diterapkan. Oleh karena itu peneliti melakukan sebuah penelitian dalam memecahkan masalah tersebut dengan<br />menganalisa dan merancang sebuah sistem yang bisa menjadi sebuah solusi dalam permasalahan kali ini. Metode<br />pengumpulann data dengan studi literatur dan melakukan asesmen. Metode perancangan menggunakan Zachman<br />Framwork. Hasil yang didapat sebuah rancangan sistem kerja dengan metode dan arsitektur yang telah dirancang<br />peneliti.</p> <p><br />Kata Kunci: TNKB, Zachman Framework,Sistem</p> <p> </p> Dinda Destianti, Muhammad Muslih Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/213 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Sentimen Tanggapan Masyarakat terhadap Tiktok Shop dan Shopee di Twitter menggunakan Metode Naive Bayes dan K-Nearest Neighbor (KNN) https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/216 <p><strong>ABSTRAK</strong><br />Pada era zaman ini sebagian besar pengguna internet sudah mengunjungi toko online atau market place. Shopee dan<br />Tiktok Shop salah satu dari market place yang sering dikunjungi oleh pengguna internet di Indonesia. Tentunya dari<br />setiap aplikasi memiliki komentar positif dan negatif dari penggunanya, komentar tersebut sangat berpengaruh pada<br />kepuasan pelanggan yang menjadi tolak ukur kualitas pelayanan dari kedua aplikasi tersebut. Untuk itu dalam<br />penelitian ini akan dilakukan analisis sentimen terhadap market place Tiktok Shop dan Shopee di Twitter. Salah satu<br />tempat pengguna internet mengungkapkan opini tersebut yaitu pada aplikasi Twitter. Karena banyaknya komentar<br />dan topik yang populer di Twitter tentang layanan Marketplace tersebut, pelanggan dapat menilai situs web<br />Marketplace mana yang memiliki layanan terbaik. Penelitian ini menggunakan dua algoritma, yaitu algoritma Naive<br />Bayes Classifier dan KNN (K-Nearest Neighbor), untuk menentukan market place mana yang memiliki nilai akurasi<br />terbaik dan membandingkan berapa persen nilai positif dan negative dari komentar yang telah diambil. Kemudian,<br />hasil dari kedua algoritma dibandingkan untuk menentukan classifier mana yang memberikan hasil terbaik dalam hal<br />akurasi, ketepatan, dan recall. Sebanyak 800 data ulasan komentar berhasil dikumpulkan melalui penggunaan alat<br />web scraping Rapid Miner. Hasil yang didapatkan yaitu nilai akurasi algoritma Naïve Bayes pada aplikasi Shopee<br />yaitu 99.06% dan pada fitur shopping Tiktok Shop yaitu 92.94%, sedangkan hasil implementasi algoritma K-Nearest<br />Neighbor pada Shopee fitur shopping Tiktok Shop yaitu 83,29% dan pada Tiktok Shop yaitu 83, 76%. Hasil<br />klasifikasi menunjukan sentimen positif lebih mendominasi dari sentimen negatif pada Tiktok Shop, terdapat 81,50%<br />ulasan Positif dan 18,50% ulasan Negatif. Begitupun dengan Shopee terdapat 81,25% ulasan Positif dan 18,75%<br />ulasan Negatif.</p> <p><br />Kata Kunci: Tiktok Shop, Shopee, Naïve Bayes Classifier, K-Nearest Neighbor (KNN), Rapid Miner, Twitter</p> Sevira Chairunnisa Nandaresta, Cecep Warman Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/216 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Rancang Bangun Sistem Kendali Ketinggian Air menggunakan Ultrasonik dengan Metode Fuzzy Logic Berbasis IoT https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/223 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Air memiliki peran krusial dalam kehidupan semua makhluk hidup dan merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari yang harus ada. Manusia menggunakan air untuk berbagai keperluan, termasuk makan, mandi, dan mencuci di rumah. Masalah muncul ketika ketinggian air di tangki penampungan tidak diketahui, sehingga layak untuk tangki penyimpanan meluap atau kosong tanpa adanya pemantauan. Untuk itulah digunakan sistem monitoring level air dengan metode Fuzzy Logic Control dan NodeMCU dengan menggunakan sensor ultrasonic agar air dalam tangki dapat di monitoring melalui website. Hasil dari Pembacaan sensor akan diproses sesuai dengan algoritma logika fuzzy bawaan berdasarkan setpoint. Output dari alat berupa water pump mini dengan daya 5vdc dengan putaran sesuai output dari fuzzy rulebase. Jika air dalam tangki air mencapai 100% maka tangki itu penuh dengan air. Jika air dalam tangki kosong maka sensor ultrasonik akan membaca nilai ketinggian bahwa air dalam tangki kosong kemudian pompa dc akan menyala otomatis. Dalam hal ini semua aktivitas dalam tangki dapat dimonitoring melalui website dalam bentuk grafik maupun tabel.</p> <p><em> </em></p> <p><strong>Kata Kunci</strong><em>: </em>Air<em>, Fuzzy logic Control, IoT, Ultrasonic, Website.</em></p> Muhamad Fajar, Adhitia Erfina Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/223 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Algoritma Apriori terhadap Data Transaksi untuk Informasi Strategi Penjualan https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/226 <p> </p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p> Hasil penjualan di toko Ramzi hanya dilihat dalam laporan dan tidak ada tindak lanjut untuk membuat keputusan. Hanya laporan tentang jumlah penjualan dan pendapatan yang diterima oleh manajemen. Namun, data ini seharusnya digunakan untuk membuat rencana penjualan yang lebih baik. Dengan menggunakan metode pola pertumbuhan sering, manajemen mungkin membuat keputusan tentang item mana yang membutuhkan lebih banyak stok dibandingkan dengan barang lain. Mereka juga dapat menentukan hubungan antara barang yang biasa dibeli konsumen dan barang mana yang membutuhkan persediaan yang lebih sedikit. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan analisis basis pasar yang ditemukan melalui perhitungan hubungannya dengan metode pola pertumbuhan sering. Metode Peningkatan Pola Sering dapat meningkatkan pelayanan konsumen dengan meningkatkan penempatan dan stok produk di toko Ramzi. Dalam penelitian ini, dukungan ditentukan dengan ambang batas enam puluh persen dan keyakinan sembilan puluh persen. Dengan mempertimbangkan hubungan antara dukungan dan keyakinan, pemilik toko Ramzi dapat menyediakan dan menempatkan produk yang akan dijual dengan cara yang tepat.</p> <p><strong><em>Kata kunci : Fp-growth, Nilai confidence, toko barang</em></strong></p> <p><strong><em>Keywords : Fp-growth, trust value, goods shop</em></strong></p> <p><strong> </strong></p> Fira Elfariani, Arny Lattu Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/226 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Sentimen Masyarakat di Instagram Mengenai Kereta Cepat Jakarta - Bandung Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/214 <p>Kereta cepat Jakarta-Bandung akan beroperasi pada tanggal 18 Agustus 2023 setelah menunggu 7 tahun pengerjaannya. Kereta cepat adalah kereta yang dibangun atas kerja sama indonesia dengan cina. Kereta cepat ini merupakan kereta yang canggih dengan fasilitas yang dijanjikan. Kereta ini beroperasi hanya dari Jakarta-Bandung saja. Keberadaan kereta cepat ini pastinya sangat dinanti-nanti oleh masyakarat indonesia karena akan memudahkan mobilisasi masyakarat yang akan bepergian dengan rute Jakarta-Bandung. Namun ada juga yang kontra dikarenakan hutang negara jadi bertambah dan menumpuk. Mengingat bahwa biaya total proyek yang berlangsung sejak 2016 kini mencapai 7,27 miliar dollar AS atau setara RP 108,02 triliun dan biaya membengkak menjadi 1,2 miliar atau setara RP 18,02 triliun. Masyarakat menilai bahwa anggaran ini tidak sebanding dengan rute yang pendek dan pembangunan terbilang lama sehingga membengkaknya anggaran.</p> <p> Oleh karena itu peneliti tertarik menganalisis Pro kontra maryarakat mengenai Kereta Cepat Jakarta-Bandung terutama dimedia sosial Instagram yaitu dengan menggunakan Algoritma Naïve Bayes.</p> <p> Dari Analisis yang sudah dilakukan dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier dan Tools Orange 3.35.0 tanggapan positif lebih unggul dari pada negatif dengan tingkat akurasi yang cukup Tinggi yaitu 92% dan performansi yang cukup baik yaitu Precision 87% dan Recall 86% dengan rasio percobaan 80:20 data training data data testing.</p> <p> </p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong> : <em>Naïve Bayes Classifier</em>, Kereta Cepat, Analisis Sentimen</p> Dea Novira, Arny Lattu Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/214 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Indosat Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/230 <p>Komunikasi adalah interaksi manusia dan transfer informasi untuk harmoni dan pemahaman sosial[1]. Kemudahan dalam berkomunikasi antar manusia dan aksesibilitas informasi yang lebih cepat terpenuhi dengan hadirnya internet. Penyediaan layanan komunikasi seluler atau nirkabel sekarang disertakan Persaingan cukup ketat karena tekanan persaingan yang kuat menghasilkan laba yang cukup bagi perusahaan dalam pemeliharaan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis.Banyak perusahaan yang didirikan, sehingga persaingan sangat ketat Pemasaran produk akan terus dilanjutkan. Perusahaan dengan perusahaan lain yang lain mencoba bersama untuk menarik pembeli sebanyak mungkin.</p> <p>&nbsp;Di Indonesia, terdapat beberapa jasa akses internet, salah satunya seperti PT. Indosat, Model End User Computing Satisfaction (EUCS) menganalisis kepuasan pengguna di sektor TI India, dengan fokus pada kualitas, keandalan, dan kepuasan pengguna. Temuan menunjukkan bahwa variabel-variabel ini secara signifikan mempengaruhi pengalaman pengguna aplikasi. Indosat menawarkan akses informasi yang cepat, andal, dan nyaman melalui berbagai jenis paket internet.</p> <p>Maka dari itu penelitian bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelanggan indosat yang berjudul “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Indosat Menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS)”. Analisis ini Menggunakan model EUCS, menganalisis faktor-faktor seperti kualitas, biaya, dan pengalaman pengguna.Temuan menunjukkan bahwa variabel yang paling signifikan adalah kualitas, keandalan, keandalan, dan kepuasan pengguna, yang secara signifikan berdampak pada pengalaman pengguna aplikasi.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong><em>Kata kunci</em></strong> : kepuasan, layanan, dan EUCS.</p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> Pipin Adelina, Cecep Warman Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/230 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Perancangan Sistem Bengkel Online Sebagai Sarana Pemesanan Perawatan Kendaraan di Selamat TOYOTA Sukabumi https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/240 <p>Perkembangan teknologi saat ini sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat khususnya dunia otomotif, karena dalam waktu yang singkat dan jarak yang begitu jauh, informasi dapat terkirim atau diterima dengan benar dan akurat. Saat ini diler mobil Selamat Toyota Sukabumi masih menggunakan cara manual dalam proses pemesanan ketika ingin melakukan perawatan mobil roda empat. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis mencoba membuat website untuk mempermudah proses pemesanan service atau jadwal perawatan mobil Toyota sebagai salah satu cara penyebaran informasi yang dapat membantu masyarakat yang bersangkutan. Perancangan sistem informasi Selamat Toyota Sukabumi berbasis website ini dirancang menggunakan <em>PHP</em> sebagai bahasa pemrogramannya dan <em>MySQL</em> sebagai databasenya, <em>Sublime Text</em> digunakan sebagai script editornya.</p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Pemesanan, Selamat Toyota, Service, Website.</em></p> Ananda Adhi Deripratama, Adhitia Erfina Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/240 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Strategi pemilihan vendor terbaik dalam memberikan bahan baku pada UMKM HL Bakery menggunakan metode AHP https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/255 <p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p>Masalah memilih supplier menjadi sangat penting dilakukan sebuah perusahaan untuk dapat memenuhi permintaan konsumen secara cepat dan berkualitas. Metode yang dapat menyelesaikan pemilihan supplier dengan kriteria-kriteria adalah metode AHP. <em>Analitycal Hierarchy Process</em> (AHP) adalah metode untuk memecahkan suatu situasi yang komplek tidak terstruktur kedalam beberapa komponen dalam susunan yang hirarki, dengan memberi nilai subjektif tentang pentingnya setiap variabel secara relatif, dan menetapkan variabel mana yang memiliki prioritas paling tinggi guna mempengaruhi hasil pada situasi tersebut. Adapun sumber data primer yang terdapat pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi objek penelitian dan wawancara langsung dengan pemilik usaha dan sumber data sekunder yang dikumpulkan adalah profil dari HL Bakery kota Sukabumi. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mengidentifikasi kriteria yang digunakan perusahaan dalam pemilihan supplier dan menentukan bobot kriteria, mendapatkan peringkat supplier, sehingga didapatkan&nbsp;&nbsp;&nbsp; &nbsp;supplier terbaik.</p> <p><em>&nbsp;&nbsp; &nbsp;&nbsp; </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: </em><em>UMKM</em>, <em>Supplier, Kualitas Bahan Baku, Analisis Hierarki Proses</em></p> Riko Maulana, Rafli Radya Rizaldi, Puput, Adhitia Erfina Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/255 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Aplikasi Ujian Online Berbasis Komputer (CBT) dengan Metode Framework TOGAF ADM di SMP Terpadu Al-Ghifari Kabupaten Sukabumi https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/241 <p>Pengembangan Aplikasi Ujian <em>Online</em> Berbasis Komputer (CBT) di SMP Terpadu Al-Ghifari Kabupaten Sukabumi adalah sebuah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi ujian <em>online</em> berbasis komputer yang dapat digunakan oleh siswa di SMP Terpadu Al-Ghifari Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem <em>Research and Development</em> (R&amp;D) dengan tahapan-tahapan seperti analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang diberikan kepada siswa dan guru di SMP Terpadu Al-Ghifari Kabupaten Sukabumi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi ujian online berbasis komputer (CBT) yang telah dikembangkan dan dapat digunakan oleh siswa di SMP Terpadu Al-Ghifari Kabupaten Sukabumi. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi CBT dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi siswa dan guru, seperti efisiensi waktu dalam melakukan ujian, kemudahan dalam pengelolaan soal dan nilai, dan juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri. Dalam kesimpulannya, pengembangan aplikasi ujian online berbasis komputer (CBT) di SMP Terpadu Al-Ghifari Kabupaten Sukabumi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran dan pengujian, serta memberikan manfaat bagi siswa dan guru. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi CBT dapat menjadi alternatif yang baik dalam mengoptimalkan proses pembelajaran dan pengujian di sekolah</p> <p><em> </em></p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Computer Based Test</em>, <em>Research and Development</em>, Aplikasi.</p> Affan Septian, Sudin Saepudin Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/241 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Framework Zachman pada Perancangan Enterprise Architecture Sistem Informasi Point of Sales Toko Aneka Buah Ciaul https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/254 <p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah merancang Sistem Informasi Point Of Sales dengan menggunakan model Zachman dengan empat perspektif: Planner, Owner, Designer, Builder. Penelitian ini melakukan wawancara dan observasi pada Toko Aneka Buah Ciaul, dan Framework Zachman digunakan sebagai alat untuk memudahkan penyajian rancangan sistem informasi yang sesuai dengan perspektif masing-masing elemen dalam penelitian. Hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa Toko Aneka Buah Ciaul belum mengintegrasikan teknologi informasi yang dimana masih menggunakan media kertas dan kalkulator sebagai alat operasional bisnisnya. Dalam penelitian ini diusulkan perancangan Sistem Informasi Point of Sales dengan menerapkan Enterprise Arsitektur. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran mengenai Sistem Informasi Point Of Sales dari berbagai perspektif, yang dapat digunakan oleh pemilik Toko Aneka Buah Ciaul untuk pembuatan sistem informasi yang mendukung keberlangsungan bisnisnya.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: Enterprise Arsitektur, Framework Zachman, Sistem Informasi Point Of Sales. </em></p> Andini Wangsa Putri, Sudin Saepudin Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/254 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Sentimen Tanggapan Masyarakat Terhadap Aplikasi Google Maps, Waze, dan Maps.Me di Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/259 <p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p>Dengan menggunakan metode Naive Bayes, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tanggapan masyarakat terhadap aplikasi Google Maps, Waze, dan Maps.Me di Twitter. Aplikasi ini adalah aplikasi peta yang populer dan sering digunakan oleh pengguna mendapatkan petunjuk arah, informasi lalu lintas, dan navigasi. Metode Naive Bayes digunakan dalam penelitian ini untuk mengklasifikasikan sentimen tanggapan masyarakat terhadap ketiga aplikasi tersebut menjadi positif, negatif, atau netral. Data tanggapan masyarakat diambil dari ulasan pengguna yang dikumpulkan melalui informasi komentar pelanggan melalui web scraping. Pertama data tanggapan masyarakat dikumpulkan dan dibersihkan untuk menghilangkan karakteristik yang tidak relevan. Selanjutnya, fitur-fitur yang relevan diekstraksi dari setiap ulasan pengguna. Kemudian, metode Naive Bayes diterapkan untuk melatih model klasifikasi dengan menggunakan data pelatihan yang telah dianotasikan. Setelah model klasifikasi terlatih, data tanggapan masyarakat yang belum dilihat sebelumnya digunakan untuk menguji performa model. Hasil analisis sentimen ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang persepsi dan tanggapan pengguna terhadap aplikasi Google Maps, Waze, dan Maps.Me di Twitter. Dengan mengevaluasi sentimen tanggapan masyarakat, pengembangan aplikasi dapat memperoleh wawasan berharga untuk meningkatkan pengalaman pengguna, memperbaiki kelemahan aplikasi, dan mengoptimalkan fitur yang diinginkan oleh pengguna. Hasil penelitian ini dapat membantu pengembangan aplikasi peta yang lebih baik dan lebih memenuhi kebutuhan pengguna.</p> <p> </p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><strong><em> :</em></strong> Analisis Sentimen, Tanggapan Masyarakat, Google Maps, Waze, Maps.Me, Naïve Bayes Classifier, Twitter, Rapid Miner</p> <p><strong><em> </em></strong></p> Mirna Sari Gusti R, Muhamad Muslih Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/259 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Analisis Sentimen Opini Publik Terhadap Aplikasi Threads di Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/260 <p><strong>ABSTRAK </strong></p> <p>Pesatnya perkembangan dunia digital, membuat semua orang berbondong-bondong memanfaatkan perkembangan tersebut, seolah tidak memandang baik buruknya hal tersebut. Seperti halnya media sosial yang rentan akan memuat berita atau informasi mengenai suatu platform legal bahkan ilegal, akhir-akhir ini social media sedang dihebohkan dengan adanya aplikasi terbaru yaitu Threads, aplikasi tersebut menuang pro dan kontra di Indonesia karena fitur nya hampir mirip dengan Twitter karena aplikasi tersebut sangat menarik perhatian netizen maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui opini publik terhadap aplikasi tersebut. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian implementasi metode Naïve Bayes terhadap aplikasi Threads, menunjukan tingkat <em>accuracy</em> untuk aplikasi Threads yaitu 95,60%, nilai<em> precision</em> 100,00% dengan positive class yaitu negatif, nilai <em>recall</em> 93,16% dengan positif class yaitu negatif. Hasil klasifikasi menunjukan bahwa komentar negatif lebih mendominasi dari pada komentar positif pada aplikasi Threads, dengan komentar negative 64,25%, dan komentar positif 35,75%.</p> <p><strong><em>Kata Kunci</em></strong><em>: </em>Threads, Naïve Bayes Classifier, Twitter, Rapid Miner</p> Windi Meliani, Dudih Gustian Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/260 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Perancangan Enterprise Arsitektur Sistem Informasi Pengarsipan Surat pada CV. Abinesa Menggunakan Framework Zachman https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/248 <ol> <li>CV. Abinesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak pada berbagai bidang yaitu: usaha perdagangan umum, pengangkutan umum, percetakan, industrial, kontraktor, real estate, dan agrobisnis pada sector pertanian di Kabupaten Sukabumi. Dalam hal pemanfaatan SI/TI pada proses bisnis CV. Abinesia masih belum dilaksanakan secara maksimal. Banyak kegiatan yang tidak menggunakan sistem dalam hal ini secara manual. Salah satu dari kegiatan bisnis tersebut adalah kegiatan mengarsip surat. Mengarsip surat adalah suatu kegiatan yang harus dikerjakan oleh setiap perusahaan guna menjaga data. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan perancangan arsitektur enterprise yang sesuai dengan kebutuhan CV. Abinesia.</li> <li> </li> </ol> <p><em> </em></p> <p><em>Enterprise architecture (EA) adalah pendekatan terstruktur yang berfungsi untuk menjelaskan setiap kebutuhan sistem. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dibuat rencana sistem informasi pengarsipan surat dengan menggunakan kerangka Zachman yang dipilih karena dianggap dapat memberikan solusi dalam pengembangan sistem informasi CV. Hasil penelitian ini adalah kerangka Zachman dapat menghasilkan arsitektur visi, 4 kegiatan utama dan 3 kegiatan pendukung arsitektur bisnis, 3 arsitektur aplikasi, 6 tabel arsitektur data, dan arsitektur teknologi yang selaras dengan persyaratan sistem.</em></p> Wafda Aenaul Mardiyah , Sudin Saepudin Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/248 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Zachman Framework pada Arsitektur Sistem Informasi Penjualan Kantin RS. Sekarwangi https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/233 <p><em>Perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat, mempengaruhi aktivitas bisnis manusia di bidang bisnis. Startegi penting dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi adalah pengggunan dan peningkatan dukungan system informasi bagi Perusahaan.pentingnya suatu data yang terintegrasi dalam Perusahaan disebut enterprise. Adanya data yang tertata rapi dalam satu sumber data yang dikelola merupakan tujuan pengembangan Perusahaan, sehingga untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan startegi dan perencanaan. Kantin RS Sekarwangi merupakan salah satu fasilitas yang ada di RS Sekarwangi, dimana kantin ini masih menggunakan pengolahan data penjualan secara manual, dan laporannya sendiri masih tercatat dalam sebuah buku yang kemudian dikumpulkan setiap bulannya. Hasilnya adalah peningkatan risiko kehilangan data, perhitungan laporan penjualan yang tidak efisien, dan meghabiskan banyak waktu untuk memperoses data penjualan. Berdasarkan permasalahan tersebut,maka perlu dicari solusi yang tepat untuk permasalahan yang di hadapi. Oleh karna itu, perlu dilakukan perancangan arsitektur system informasi penjualan dengan menggunkan metode Zachman Framework. Dimana metode ini dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan data serta laporan hasil penjualan. Dimana perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Teknologi informasi banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari dan dapat mencakup berbagai bidang. Desain diperlukan dalam pembuatan atau pengmbangan suatu system agar mudah digunakan dan bermanfaat. Framework ini terdiri dari matriks klasifikasi dua dimensi yang dibangun dari gabungan beberapa pertanyaan umum yaitu What, Where, When, Why, Who dan How dan dengan menggunakan Enterprise Architecture Perusahaan akan dapat lebih mudah mengorganisir perusahaannya dan memiliki visi yang jelas tentang bagaimana Perusahaan akan dijalanka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa peneletian ini menghasilkan sebuah rancangan sisitem transaksi penjualan makanan dan minuman dengan menggunkan Framework Zachman agar lebih tertstruktur degan baik. Perancangan transaksi penjualan makanan dan minuman ini diharapkan dapat membantu pengunjung RS Sekarwangi dalam membeli makanan dan mnuman tanpa harus mengantri lama dan dapat membantu petugas dalam melayani pembelian barang secara efektif.</em></p> Cahya Trika, Sudin Saepudin Copyright (c) 2023 Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi dan Manajemen Informatika Universitas Nusa Putra https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/233 Thu, 25 Jan 2024 00:00:00 +0000